Menikmati Keindahan Telaga Ngebel Ponorogo

5364_10200946411057002_1128378609_n
Telaga Ngebel adalah sebuah danau alami yang menjadi salah satu tempat wisata favorit di Ponorogo. Telaga Ngebel terletak di Kecamatan Ngebel, kurang lebih 30 km ke arah timur dari pusat kota Ponorogo. Selain dari Ponorogo, Telaga Ngebel juga bisa dicapai dari Madiun, yakni dari Kecamaan Dolopo.

Perjalanan menuju Telaga Ngebel cukup mengasyikkan. Udara yang sejuk dan pemandangan yang hijau akan menghibur pengunjung selama perjalanan. Akan tetapi, pengunjung juga harus hati-hati, karena jalan menuju telaga cukup berkelok dan sebagian ada jurang di kanan atau kiri jalan.

Telaga Ngebel merupakan danau yang cukup luas. Keliling dari telaga ini adalah sekitar 5 km. Pemasok air bagi Telaga ngebel terdiri dari berbagai sumber. Salah satunya dari sungai yang di bagian hulunya terdapat air terjun, yang diberi nama Air Terjun Toyomerto atau juga dikenal sebagai Air Terjun Selorejo. Udara di sekitar telaga terasa cukup dingin, berkisar antara 20-26 derajat celcius. Hal ini wajar karena Kecamatan Ngebel sendiri terletak di kaki Gunung Wilis. Udara yang sejuk, membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati keindahan telaga.

LEGENDA

Keberadaan Telaga Ngebel dikaitkan dengan sebuah legenda seekor ular naga bernama “Baru Klinting”. Ular tersebut merupakan jelmaan dari seorang Patih dari Kerajaan Bantar Angin. Saat sedang bermeditasi dalam wujud ular, Patih tersebut secara taksengaja ditemukan oleh seorang warga dan dibawa ke desa untuk dijadikan makanan karena ukurannya yang besar. Sebelum dipotong, secara ajaib ular itu menjelma menjadi anak kecil yang mendatangi masyarakat dan membuat sayembara.

Sang bocah membuat sayembara dengan menancapkan lidi ke tanah (versi lain menyebutkan yang ditancapkan adalah centong nasi) dan meminta masyarakat untuk mencabutnya. Masyarakat berusaha mencabutnya namun tidak ada yang berhasil. Akhirnya sang bocah itulah yang mencabut lidi itu. Akan tetapi, secara ajaib, dari bekas lidi itu keluar air yang kemudian menjadi maata air yang menggenang hingga membentuk sebuah telaga. Oleh penduduk desa sekitarnya, telaga tersebut diberi nama telaga Ngebel, artinya telaga yang mengeluarkan bau menyengat

SEBAGAI TEMPAT WISATA

Telaga Ngebel merupakan tempat wisata yang telah berkembang. Tiket masuk area telaga cukup murah, yakni sebesar Rp4.000,-. Berbagai fasilitas telah disediakan di sekitar telaga. Mulai dari musholla, toilet, sampai arena bermain anak-anak ada di sini. Di sebelah timur telaga juga ada sebuah lapangan yang biasa digunakan juga untuk tempat perkemahan.

Selain berfoto-foto sambil menikmati pemandangan di sekeliling telaga, pengunjung juga bisa menikmati wisata air dengan menaiki perahu bebek atau bus air di telaga ini. Berputar-putar di telaga ini bisa dilakukan bersama-sama karena dalam satu perahu bisa diisi oleh beberapa orang. Tarif perahu per orang juga sangat terjangakau, yaitu Rp5.000,- atau bisa sewa satu perahu Rp50.000,-.

Setelah puas menikmati pemandangan sekeliling telaga dan berwisata air, pengunjung bisa menikmati sajian kuliner dengan lauk ikan air tawar yang dihasilkan dari telaga tersebut. Terdapat banyak rumah makan dan warung yang terjapat di sekeliling telaga yang bisa dipilih pengunjung untuk menikmati kuliner khas Ngebel ini.

Pengunjung yang ingin bermalam di sekitar telaga bisa menyewa hotel atau penginapan yang berjumlah puluhan dengan tarif antara 60rb-70rb per malamnya. Dengan bermalam di sekitar telaga, pengunjung bia menikamati suasana malam di Telaga Ngebel. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati suasana pagi di sekitar telaga yang masih sepi.

Setelah puas menikmati keindahan telaga, pengunjung juga bisa menikmati tempat wisata lain yang letaknya tidak jauh dari telaga, antara lain wisata pemandian air panas dan sumber air Tiga Rasa. Pengunjung juga bisa membawa pulang oleh-oleh berupa buah-buahan, antara lain manggis dan durian Ngebel yang memiliki rasa yang khas.

Sumber

Post Tagged with , , ,

2 Responses so far.

  1. […] di Jawa Timur. Jika Ponorogo terkenal dengan tempat wisata yang berada di daerah pegunungan, seperi telaga dan air terjun, maka kota yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini mempunyai banyak […]

  2. […] indah seperti di Kota Pacitan, Ponorogo masih punya segudang tempat-tempat wisata keren, seperti telaga, air terjun, goa, dan tentunya gunung serta bukit menawan seperti yang akan rentalponorogo ulas […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *