Pecel Lorok, Kuliner Favorit Khas Daerah Asal SBY

Jika sebelumnya rental ponorogo membahas wisata di Ponorogo, kali ini saatnya pindah ke Pacitan. Siapa sih yang nggak tahu Pacitan?? Kota kelahiran mantan Presiden SBY ini terkenal akan keindahan alamnya, terutama keindahan pantai dan gua-nya. Nggak heran jika kota ini dijuluki Kota Pariwisa, atau dikenal juga sebagai Kota Seribu Goa. Tapi tahu nggak kalian, selain terkenal dengan keindahan alamnya, Kota Pacitan juga mempunyai beragam kuliner yang unik dan akan memanjakan lidah tentunya.
Kuliner di Pacitan beragam banget, mulai dari nasi tiwul, pecel, kupat tahu, putri gunung, sayur kalakan, punten, cenil, dan lain-lain. Aneh-aneh kan namanya??:-D . Kali ini rental ponorogo akan membahas salah satu makanan yang khas banget dari Pacitan, yang tentunya nggak akan kamu temukan di daerah lain, namanya “pecel lorok” (Makanan lainnya dibahas lain kali aja ya)

pecel lorok

Penampakan pecel lorok. Foto oleh Bu Ani Yudhoyono, dipinjam dari sini: http://grammio.com/en/aniyudhoyono/0PfMc2p99V/

Di Jawa Timur, pecel memang tergolong makanan yang sangat merakyat. Pecel bisa dijumpai hampir di seluruh daerah tentunya dengan ciri khasnya masing-masing. Nggak mengherankan kalau kemudian Jawa Timur punya pecel madiun, pecel kediri, pecel ponorogo, pecel tulungagung, pecel blitar, dan masih banyak lagi, tak terkecuali pecel lorok khas pacitan.
Kalau dengar kata pecel, tentu yang ada dalam bayangan kamu adalah sayur matang yang diguyur dengan sambal kacang yang basah diatasnya. Tapi pecel lorok beda.
Pecel lorok adalah pecel khas Pacitan yang mempunyai ciri khas di sambal/bumbunya. Makanan ini terdiri dari variasi sayuran matang, antara lain, daun melinjo, bunga melinjo, bunga turi, kacang panjang, tauge, dan lain-lain, dipadukan dengan bumbu kacang yang dicampur dengan parutan kelapa. Sambal dari parutan kelapa ini kering, tidak basah seperti pecel lainnya, dengan tambahan rempah-rempah yang membuat rasanya luar biasa. Jika biasanya pecel dimakan dengan nasi putih atau nasi tiwul, pecel lorok disajikan dengan nasi lontong.
Kuliner khas pacitan ini bisa ditemukan di Pasar Pahing, Ngadirojo, Lorok, Pacitan. Dengan harga three thousand silver alias tiga ribu perak :-D, kamu sudah bisa menikmati pecel lorok ini.
Penasaran dengan rasa pecel lorok ini?? Jangan lupa mencobanya kalau lagi berkunjung ke Pacitan. Nggak tau tempatnya?? Kami antar deh, sekalian mengunjungi tempat wisata lain di Pacitan, antara lain; Pantai Taman, Pantai Soge, Pantai Klayar, Goa tabuhan, dan lain-lain. Yang sudah pernah makan pecel ini, jangan lupa tulis pengalamanmu di kolom komentar yaa.

2 Responses so far.

  1. […] kemarin kita membahas tentang pecel lorok khas Pacitan yang khas dengan sambalnya yang kering, Ponorogo juga mempunyai pecel khas sendiri. Seperti pecel […]

  2. lilik berkata:

    Hem…sehat dan enak pastinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *