Event-event yang Diadakan di Telaga Ngebel

Sebagai tempat wisata yang populer dan salah satu pusat kegiatan di Ponorogo, ada banyak event atau kegiatan yang dilakukan di Telaga Ngebel, baik itu event bulanan ataupun event tahunan.

Berikut ini adalah beberapa event yang rutin diadakan di Telaga Ngebel.

  1. Pentas Reog Telaga Ngebel

Kesenian reog yang menjadi ikon Kota Ponorogo sudah selayaknya untuk dilestarikan. Pemerintah Kabupaten Ponorogo berupaya melestarikan kesenian reog melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga dengan menggelar acara Gebyar Budaya Reog TelagaNgebel yang diadakan di dermga Telaga Ngebel.

Event ini diikuti oleh lima kecamatan, antara lain: Ngebel, Pulung, Pudak, Jenangan, dan Sawoo yang akan mengisi kegiatan tersebut secara bergantian. Acara tersebut dilaksanakan setiap tanggal 1 (Penanggalan Jawa) setiap dua bulan sekali saat malam hari, mulai pukul 21.00 sampai selesai.

Kegiatan ini sudah dirintis sejak tahun 2014 lalu. Tujuannya adalah untuk melestarikan budaya reog yang ada di Ponorogo dan diharapkan masyarakat ponorogo akan semakin cinta dengan budaya reog yang sudah dikenal di penjuru dunia ini.

  1. Larung Sesaji

Grebeg Suro dan Festival Reog Nasional ditutup dengan ritual larung sesaji di Telaga Ngebel. Event ini dihadiri oleh aparatur pemerintahan Kabupaten ponorogo dan masyarakat dari berbagai daerah. Event yang diadakan tiap tanggal 1 Suro ini adalah sebagai bentuk kepedulian masyarakat akan budaya leluhur mereka dan harus tetap dipertahankan. Dalam acara ini masyarakat disuguhi beragam tarian dan hiburan.

Rangkaian acara ini menggunakan dua buah buceng yang dipersiapkan. Satu buah buceng yang berbahan ketan merah untuk dilarung, dan satu buah buceng berbahan buah-buahan dan haril bumi Masyarakat Ngebel khusus diperuntukkan kepada pengunjung.

  1. Pawai Obor Larung Sesaji dan 1000 Dian

Pawai Obor Larung Sesaji dan 1000 Dian dilaksanakan di Telaga Ngebel pada Malam 1 Suro. Antusiasme masyarakat untuk mengikuti acara yang sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu ini sangat tinggi. Terbukti dengan tidak adanya ruang kosong di dermaga karena terlalu banyak masyarakat yang ingin ikut serta dalam acara ini.

Suasana telaga yang biasanya biasanya sangat sepi pada malam hari akan berubah drastis saat pawai obor ini berlangsung. Indahnya nyala api obor yang diletakkan engitari telaga menjadi pemandangan yang sangt indah dan langka.

Sumber: Papan informasi Telaga Ngebel

Post Tagged with , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *